Apa itu Passive Voice? Rumus dan Contoh Lengkapnya

Apa itu Passive Voice? Rumus dan Contoh Lengkapnya

Apa itu passive voice? Kapan kita menggunakannya? Atau bagaimana cara kita menulisnya? Bagaimana bentuknya dalam bahasa Indonesia?  Mungkin bagi kamu yang fokus dalam penggunaan grammar baik dalam speaking maupun writing, passive voice seringkali jadi issue. Artikel kali ini akan membahas tuntas apa itu passive voice dalam bahasa Inggris.

Passive Voice

Apa itu Passive Voice?

Passive voice adalah lawan dari active voice (kalimat aktif). Passive voice atau kalimat pasif adalah sebuah kalimat di mana kita lebih menekankan sasaran dari sebuah kata kerja ketimbang pelakunya. Sedangkan dalam active voice, kita menekankan pelaku kata kerja. Perhatikan contoh berikut:

  1. Erika memakan wortel saya. [kalimat aktif]
  2. Wortel saya dimakan oleh Erika. [kalimat pasif]

Pada kalimat pertama, Erika merupakan subject yang menjadi pelaku dari kata kerja memakan. Sedangkan pada kalimat kedua, wortel saya merupakan subject yang menjadi sasaran dari kata kerja memakan. Pada kedua kalimat, Erika dan wortel sama-sama merupakan subject, bedanya adalah status pelaku dan sasarannya.

Artinya, dalam active voice, subject adalah pelaku. Sedangkan dalam passive voice, subject adalah sasaran.

Perbedaan kedua adalah bentuk imbuhan dari kata kerjanya. Pada active voice, imbuhannya adalah me-, sedangkan dalam passive voice imbuhannya adalah di- atau ter-.

Jika kita translate kedua kalimat tersebut, maka jadinya:

  1. Erika eats my carrot. [active voice]
  2. My carrot is eaten by Erika. [passive voice]

Begitu. Mau tahu bagaimana cara mengubahnya?

Syarat Penulisan Passive Voice

Untuk bisa membentuk passive voice, kita butuh verb transitive atau verb yang butuh object. Kenapa? Karena nantinya objectnya inilah yang kita jadikan sebagai subject di passive voice. Berikut contoh verb-verb transitive:

Mari kita gunakan kata answer:

  • Khazim answered the question easily. [active voice]
  • The question is answered by Khazim easily. [passive voice]

Kata the question tadinya menjadi object dalam active voice, lalu ketika diubah dalam bentuk passive, the question berubah posisi menjadi subject. Inilah kenapa kita butuh verb transitive.

Rumus Passive Voice

Mari kita pahami dulu rumus dalam active voice yang memiliki verb transitive:

Subject [pelaku] + Verb + Object.

Kemudian, ketika diubah dalam bentuk passive voice, maka object dipindah ke depan menjadi subject, dan subject lama dipindah ke belakang menjadi “by agent”.

Subject [sasaran] + BE + V3 + (by agent).

Satu hal penting untuk membedakan mana active dan mana passive adalah pola verbnya. Dalam passive voice, verbnya selalu berakhir dengan pola BE + V3. Tanpa BE + V3, maka dapat dipastikan penulisannya salah. Lihat contoh berikut:

  • Marcel answered a difficult question.
  • A difficult question was answered by Marcel.
  • My cat is bothering Ros.
  • Ros is being bothered by my cat.
  • Ridho will cancel the meeting.
  • The meeting will be canceled by Ridho.
  • Titin has written the plan.
  • The plan has been written by Titin.
  • The team still cannot discover his body.
  • His body still cannot be discovered by the team.

Jika kamu bingung, maka ingat ini: bentuk BE menyesuaikan verb utama dalam active voice, contoh : answered → was [V2], bothering → being [Ving], cancel → be [V1], written → been [V3].

Lalu, letakkan verb utama dalam passive voice setelah BE lalu ubah ia menjadi V3, contoh : was answered, being bothered, be canceled, been written.

Baca juga : 4 Conditional Sentences dan Rumusnya Lengkap

Mudah sekali kan? Lalu, kamu juga perlu perhatikan ketentuan berikut:

Ketentuan Dalam Passive Voice

Verb dengan Dua Object

Dalam bahasa Inggris, ada verb yang hanya butuh satu object (monotransitive verb), ada yang bisa punya dua object (ditransitive verb). Semua contoh yang telah diberikan di atas menggunakan contoh-contoh monotransitive verb. Lalu apa contoh ditransitive verb? Bagaimana cara mengubahnya ke dalam bentuk passive voice?

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa list ditransitive verb berikut:

Mari ambil satu contoh:

  • Aris sent Dina some money.
  • Aris sent some money to/for Dina.

Pada contoh di atas, send adalah ditransitive verb karena ia punya dua object, yakni some money (object langsung) dan Dina (object tidak langsung). Maka ketika diubah ke dalam bentuk passive, kita boleh pilih salah satu dari mereka untuk menjadi subject. Contoh :

  • Dina was sent some money by Aris.
  • Some money was sent to Dina by Aris.

Ingat, pada object tidak langsung, maka kita masih menyertakan “to”nya.

Penulisan By Agent

By agent adalah pelaku dari verb utama di passive voice. Dia diawali oleh kata “by” dan diletakkan di belakang, yang mana dalam bahasa Indonesia artinya “oleh”. Lalu, apakah kita harus selalu menyertakan by agent ini? Tidak juga. Ada 2 kondisi di mana kamu tidak perlu menyertakan by agent, yaitu:

1. Pelakunya hendak disembunyikan

Kebanyakan, penghilangan by agent disebabkan karena kita hendak menyembunyikan siapa pelaku dari verb dalam kalimat pasif tersebut. Entah itu karena alasan khusus atau karena memang tidak tahu siapa pelakunya. Contoh :

  • The door is locked (by Miftah).
  • Pintunya dikunci (oleh Miftah).

Frasa by Miftah dalam kalimat tersebut bisa jadi dihilangkan karena speaker tidak ingin memberitahu siapa yang mengunci pintunya atau memang ia tidak tahu.

2. Pelaku berupa indefinite pronoun

Ketika pelakunya berupa indefinite pronoun, maka kita juga boleh hilangkan by agentnya. Indefinite pronoun antara lain:

Someone Everyone Anyone No one
Somebody Everybody Anybody Nobody
Something Everything Anything Nothing
Somewhere Everywhere Anywhere Nowhere

Contoh:

  • This facilities can be used (by everyone) every time.
  • Fasilitas ini dapat digunakan (oleh setiap orang) kapan saja.

Frasa by everyone bisa dimunculkan atau dihilangkan sesuai keinginan speaker. Tapi umumnya, karena ia adalah indefinite pronoun, ia lebih sering dihilangkan.

3. Pelaku berupa general job dari verbnya

By agent dapat dikatakan general job jika verb dalam passive voice memang merupakan pekerjaan umum dari si pelaku. Contoh:

  • Those football players are being trained by a trainer.
  • Para pemain sepakbola itu sedang dilatih (oleh seorang pelatih).

Train (melatih) adalah pekerjaan umum dari seorang pelatih, maka penyertaan kata by a trainer adalah pemborosan kata.

Nah, begitulah keterangan mengenai Passive Voice dalam bahasa Inggris. Agar lebih mendapatkan sense-nya, terapkan terus ia baik dalam speaking maupun writing mulai dari sekarang ya. Atau ada yang mau ditambahkan? Atau bertanya? Silahkan ke kolom komentar ya ?

Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mendengarkan Lagu

Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mendengarkan Lagu

kampung-inggris.co.id  – Belajar bahasa inggris sambil dengerin lagu atau music adalah metode belajar yang sangat mudah dan banyak meningkatkan kualitas bahasa inggris kalian. Siapa sih yang gak bisa nyanyi walaupun cuma sekedar asal-asalan saja, pasti semu bisa.

Metode satu ini banyak digunakan lo, karena terkesan kalian langsung diajar oleh native speakernya. Selain itu belajar menggunakan music atau lagu dapat memberikan kesan santai untuk kalian dan sangat bermanfaat untuk perkembangan otak. Dengan sering memutar atau mengulang-ulang lagu dalam bahasa inggris memudahkan kalian dalam menghafal dan mengucapkan kata perkata dalam bahasa inggris.

Hal ini bisa kita jadikan acuhan untuk mengembangkan kualitas bahasa inggris kalian. Karena metode mendengarkan lagu sangatlah menarik jika kita coba atau kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak perlu ribet bawa kamus atau buku-buku besar untuk melatih speaking, grammar dan terutama  pronunciation kalian, jika dalam keadaan ingin bersantai. Cukup membawa smartphone dan buku memo kecil kalian.

Berikut ini adalah tips buat kalian semua yang yang mau belajar bahasa inggris dengan mengunakan metode mendengarkan music atau lagu yang wajib kalian coba dirumah agar hasilnya maksimal jangan pernah menyerah sebelum mencoba,

Global kampung inggris
GE Kampung Inggris
  1. Coba pilih lagu yang tepat atau sesuai

Ini adalah hal utama yang wajib kalian tentukan sebelum mencoba untuk mengulas atau mempraktekkan metode belajar menggunakan lagu bahasa inggris. Coablah untuk mencari lagu yang tepat, disini kalian bisa menggunakan lagu dengan gendre sesuai yang kalian suka supaya menambah semangat belajar kalian. Selain itu cobalah perlahan dengan lagu yang tidak rumit untuk dinyanyikan, karena lagu yang kalian pilih dari awal akan berdampak bagi keberlangsungan hasil belajar kalian.

 

  1. Cari tempat lagu offlline atau online

Hal selanjutnya tempat untuk mencari lagu sebelum diulas. Tempat mencari music atau lagu adalah hal yang penting misal kalian menggunakan salah satu aplikasi yang dirancang di smartphone kalian, kalian bisa dengan mudah streaming video atau offline video, bisa juga kalian temukan pada musixmatch atau spotify kalian bisa dengan mudah mencari lagu-lagu yang kalian inginkan. Dan sekali lagi pastikan kalian memilih lagu atau music sesuai dengan gendre yang kalian suka atau kalian minati agar proses belajar maksimal.

 

  1. Pastikan ada liriknya

Pastikan soal adanya lirik ini adalah hal terpenting berikutnya yang wajib kalian perhatikan, ngak lucu kan kalo kalian harus mengira-ngira sendiri lirik lagi yang akan kalian pelajari, nanti takutnya ada beberapa lirik yang salah. Dengan mencari liriknya juga akan memudahkan kita mengetahui vocab dan pronunciation dari lagu tersebut agar tidak sampai salah kaprah dalam mempelajarinya.

 

  1. Pahami atau kuasai lagunya

Ini hal penting berikutnya, memahami lagu dan menguasai lirik-lirik lagunya adalah hal yang peting supaya kita bisa dengan mudah belajar bahasa inggris sambil menyanyikan lirik – lirik dari lagunya. Karena jika kit apaham lirik dan menguasai lagu semua akan menjadi lebih mudah dan terarah. Tidak asal-asalan dan sembarangan dalam belajar bahasa inggris. Selalu utamakan hal ini sebelum belajar ya.

baca juga Tips Sukses Lancar Bahasa Inggris Di Kampung Inggris

  1. Ikutlah bernyanyi

Selanjutnya adalah mencoba untuk mengekspresikan diri dengan cara bernyanyi mengikuti music atau lagu yang kita dengarkan , secara berulang dan perlahan supaya memudahkan kita dalam meningkatkan kemampuan speaking dan pronunciation yang sesuai. Selain itu dengan ikut bernyanyi akan membuat pikiran kita tenang dan tidak terbebani, merasa nyaman dan meningkatkan sirkulasi darah dengan lancar. Otak kalian pun akan bekerja lebih maksimal jika kalian belajar dengan keadaan bahagia.

 

  1. Catatlah vocabnya

Berikutnya adalah kalian coba untuk mencatat setiap vocab yang ada pada kalimat dari lirik lagu tersebut, supaya selanjutnya kalian bisa mengembangkan vocab tersebut dengan kalimat – kalimat baru lainnya. Hal ini bisa kalian asah terus supaya kalian memiliki kemampuan dalam menghafal vocab sebanyak- banyaknya. Dengan begini kalian bisa dengan mudah merangkai kalimat-kalimat baru yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Manfaat yang bisa kita dapat dari metode ini adalah,

  1. Akan menambah budaya bahasa kalian atau bisa dibilang bahasa kekinian

kalian pasti pahamkan dalam kehidupan kita yang semakin hari semakain sering bermunculan bahasa-bahasa baru atau bahasa kekinian. Misal saja kalian punya teman bule diawal-awal mungkin sudah biasa ya kalo kalaian menyapa dengan kalimat “how are you?” tapi lama kelamaan dia bakal mikir kalian terlalu kaku atau bisa dibilang formal banget, namun sapaan itu sekarang bisa kalian rubah dengan “whasup?”

 

  1. Lagu mempengaruhi emosional kalian

Yap! Yang satu ini sangat bermanfaat bukan untuk kehidupan kita sehari-hari. Melatih pembawaan emosional kita lagu sangat baik dalam hal ini, jika kita mendengarkan lagu yang santai otak dan pembawaan kit akan tenang mengikuti setiap lantunan dari music tersebut. Namun jika kita merubahnya dengan gendre rock yang ngajak kita jingkrak-jingkrak ala anak metal hal itu juga membawa efek pada system emosional kita. Maka dari itu lagu sangat bagus di dengarkan untuk mengingat sesuatu karena mambawa perasaan dalam hal satu ini.

 

  1. Lagu bahasa inggris akan membiasakan kalian berbahasa inggris

Ini  manfaat selanjutnya yang bisa kalian dapat dengan sering mendengrakan lagu bahasa inggris. Membiasakan diri mendengarkan lagu bahasa inggris secara tidak langsung sudah melatih kita dalam hal mengingat speaking, grammar dan pronunciation. Kebiasaan baik akan menghasilkan hasil yang baik pula maka dari itu janganpernah meremehkan hal-hal biasa yang sering kalian lakukan sehari – hari.

baca juga 10 Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris

  1. Lagu mengajarkan pelafalan yang baik (pronunciation)

Hal ini pasti akan terjadi jika kita mendengarkan lagu dengan baik dan benar. Sekali lagi dengan baik dan benar. Dalam kegiatan sehari – hari kalian yang hobi dengerin lagu pasti tidak pernah terlepas dari hal menyanyi saat mandi, makan, berangkat sekolah dan lain-lain. Hal ini lah yang akan terus mengasah kemampuan pronunciation kalian menjadi lebih baik dengan mendengarkan lagu.

 

  1. Lagu mengajarkan kita memecahkan kesulitan baru

Dalam belajar metode ini adalah ketika kmau harus berganti dari lagu satu ke lagu satunya yang pasti memiliki tingkat kosa kata yang berbeda.

Oleh karena itu jadikan lagu sebagai tingkat menaikkan level bahasa inggris kalian, sehingga ketik akalian dihadapkan dengan lagu atau soal-soal baru yang sedikit rumit kalian akan terbias untuk memecahkan solusinya. Jika sebelumnya lagu yang mudah dipelajari selanjutnya naikkan ke lagu yang sedikit rumit.

Yap! Itulah dia beberapa tips jitu buat kalian yang mau belajar bahasa inggris pakai metode satu ini. Sangat perlu diperhatikan jika kalian benar-benar ingin mencobanya jangan sampai hanya setengah – setengah saja niat yang kalian miliki. Pastikan semua sudah terencana agar proses belajar kalian tidak  hanya buang – buang waktu. Semoga bermanfaaat dan selamat mencoba. ^-^

 

Apa itu Passive Voice? Rumus dan Contoh Lengkapnya

Apa itu Passive Voice? Rumus dan Contoh Lengkapnya

Apa itu passive voice? Kapan kita menggunakannya? Atau bagaimana cara kita menulisnya? Bagaimana bentuknya dalam bahasa Indonesia?  Mungkin bagi kamu yang fokus dalam penggunaan grammar baik dalam speaking maupun writing, passive voice seringkali jadi issue. Artikel kali ini akan membahas tuntas apa itu passive voice dalam bahasa Inggris.

Passive Voice

Apa itu Passive Voice?

Passive voice adalah lawan dari active voice (kalimat aktif). Passive voice atau kalimat pasif adalah sebuah kalimat di mana kita lebih menekankan sasaran dari sebuah kata kerja ketimbang pelakunya. Sedangkan dalam active voice, kita menekankan pelaku kata kerja. Perhatikan contoh berikut:

  1. Erika memakan wortel saya. [kalimat aktif]
  2. Wortel saya dimakan oleh Erika. [kalimat pasif]

Pada kalimat pertama, Erika merupakan subject yang menjadi pelaku dari kata kerja memakan. Sedangkan pada kalimat kedua, wortel saya merupakan subject yang menjadi sasaran dari kata kerja memakan. Pada kedua kalimat, Erika dan wortel sama-sama merupakan subject, bedanya adalah status pelaku dan sasarannya.

Artinya, dalam active voice, subject adalah pelaku. Sedangkan dalam passive voice, subject adalah sasaran.

Perbedaan kedua adalah bentuk imbuhan dari kata kerjanya. Pada active voice, imbuhannya adalah me-, sedangkan dalam passive voice imbuhannya adalah di- atau ter-.

Jika kita translate kedua kalimat tersebut, maka jadinya:

  1. Erika eats my carrot. [active voice]
  2. My carrot is eaten by Erika. [passive voice]

Begitu. Mau tahu bagaimana cara mengubahnya?

Syarat Penulisan Passive Voice

Untuk bisa membentuk passive voice, kita butuh verb transitive atau verb yang butuh object. Kenapa? Karena nantinya objectnya inilah yang kita jadikan sebagai subject di passive voice. Berikut contoh verb-verb transitive:

Mari kita gunakan kata answer:

  • Khazim answered the question easily. [active voice]
  • The question is answered by Khazim easily. [passive voice]

Kata the question tadinya menjadi object dalam active voice, lalu ketika diubah dalam bentuk passive, the question berubah posisi menjadi subject. Inilah kenapa kita butuh verb transitive.

Rumus Passive Voice

Mari kita pahami dulu rumus dalam active voice yang memiliki verb transitive:

Subject [pelaku] + Verb + Object.

Kemudian, ketika diubah dalam bentuk passive voice, maka object dipindah ke depan menjadi subject, dan subject lama dipindah ke belakang menjadi “by agent”.

Subject [sasaran] + BE + V3 + (by agent).

Satu hal penting untuk membedakan mana active dan mana passive adalah pola verbnya. Dalam passive voice, verbnya selalu berakhir dengan pola BE + V3. Tanpa BE + V3, maka dapat dipastikan penulisannya salah. Lihat contoh berikut:

  • Marcel answered a difficult question.
  • A difficult question was answered by Marcel.
  • My cat is bothering Ros.
  • Ros is being bothered by my cat.
  • Ridho will cancel the meeting.
  • The meeting will be canceled by Ridho.
  • Titin has written the plan.
  • The plan has been written by Titin.
  • The team still cannot discover his body.
  • His body still cannot be discovered by the team.

Jika kamu bingung, maka ingat ini: bentuk BE menyesuaikan verb utama dalam active voice, contoh : answered → was [V2], bothering → being [Ving], cancel → be [V1], written → been [V3].

Lalu, letakkan verb utama dalam passive voice setelah BE lalu ubah ia menjadi V3, contoh : was answered, being bothered, be canceled, been written.

Baca juga : 4 Conditional Sentences dan Rumusnya Lengkap

Mudah sekali kan? Lalu, kamu juga perlu perhatikan ketentuan berikut:

Ketentuan Dalam Passive Voice

Verb dengan Dua Object

Dalam bahasa Inggris, ada verb yang hanya butuh satu object (monotransitive verb), ada yang bisa punya dua object (ditransitive verb). Semua contoh yang telah diberikan di atas menggunakan contoh-contoh monotransitive verb. Lalu apa contoh ditransitive verb? Bagaimana cara mengubahnya ke dalam bentuk passive voice?

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa list ditransitive verb berikut:

Mari ambil satu contoh:

  • Aris sent Dina some money.
  • Aris sent some money to/for Dina.

Pada contoh di atas, send adalah ditransitive verb karena ia punya dua object, yakni some money (object langsung) dan Dina (object tidak langsung). Maka ketika diubah ke dalam bentuk passive, kita boleh pilih salah satu dari mereka untuk menjadi subject. Contoh :

  • Dina was sent some money by Aris.
  • Some money was sent to Dina by Aris.

Ingat, pada object tidak langsung, maka kita masih menyertakan “to”nya.

Penulisan By Agent

By agent adalah pelaku dari verb utama di passive voice. Dia diawali oleh kata “by” dan diletakkan di belakang, yang mana dalam bahasa Indonesia artinya “oleh”. Lalu, apakah kita harus selalu menyertakan by agent ini? Tidak juga. Ada 2 kondisi di mana kamu tidak perlu menyertakan by agent, yaitu:

1. Pelakunya hendak disembunyikan

Kebanyakan, penghilangan by agent disebabkan karena kita hendak menyembunyikan siapa pelaku dari verb dalam kalimat pasif tersebut. Entah itu karena alasan khusus atau karena memang tidak tahu siapa pelakunya. Contoh :

  • The door is locked (by Miftah).
  • Pintunya dikunci (oleh Miftah).

Frasa by Miftah dalam kalimat tersebut bisa jadi dihilangkan karena speaker tidak ingin memberitahu siapa yang mengunci pintunya atau memang ia tidak tahu.

2. Pelaku berupa indefinite pronoun

Ketika pelakunya berupa indefinite pronoun, maka kita juga boleh hilangkan by agentnya. Indefinite pronoun antara lain:

Someone Everyone Anyone No one
Somebody Everybody Anybody Nobody
Something Everything Anything Nothing
Somewhere Everywhere Anywhere Nowhere

Contoh:

  • This facilities can be used (by everyone) every time.
  • Fasilitas ini dapat digunakan (oleh setiap orang) kapan saja.

Frasa by everyone bisa dimunculkan atau dihilangkan sesuai keinginan speaker. Tapi umumnya, karena ia adalah indefinite pronoun, ia lebih sering dihilangkan.

3. Pelaku berupa general job dari verbnya

By agent dapat dikatakan general job jika verb dalam passive voice memang merupakan pekerjaan umum dari si pelaku. Contoh:

  • Those football players are being trained by a trainer.
  • Para pemain sepakbola itu sedang dilatih (oleh seorang pelatih).

Train (melatih) adalah pekerjaan umum dari seorang pelatih, maka penyertaan kata by a trainer adalah pemborosan kata.

Nah, begitulah keterangan mengenai Passive Voice dalam bahasa Inggris. Agar lebih mendapatkan sense-nya, terapkan terus ia baik dalam speaking maupun writing mulai dari sekarang ya. Atau ada yang mau ditambahkan? Atau bertanya? Silahkan ke kolom komentar ya ?

Kursus TOEFL yang bagus di kampung inggris pare

Kursus TOEFL yang bagus di kampung inggris pare

Sebaiknya Kita Tahu
Sebelum beranjak pada lembaga atau instansi kursus Toefl yang bagus dan keren lagi menjanjikan. Sebaiknya kita tahu dulu apa itu Toefl. Toefl adalah kepanjangan dari Test Of English as a Foreign Language (Tes Bahasa Inggris sebagai bahasa asing) yang dibuat oleh Educational Testing Service (ETS) yakni sebuah lembaga di Amerika Serikat.

Nah . .

Toefl sangat dibutuhkan bagi mereka yang akan melanjutkan studinya di luar negeri atau untuk mendapatkan beasiswa. Dengan mempunya sertifikat Toefl yang baik maka peluang yang akan didapatkan semakin besar. Tidak hanya itu, saat ini banyak instansi ketika mencari pegawai baru lebih memprioritaskan mereka yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris apalagi kalau memiliki sertifikat Toefl.

Di Kampung Inggris
Lembaga kursus Toefl yang bagus dan menjanjikan pasti banyak yang nyari. Terutama di Pare sebagai tempat yang sudah terkenal dengan pembelajaran Bahasa Inggrisnya pasti tidak luput dari pertanyaan-pertanyaan semisal kursusan Toefl yang bagus di Kampung Inggris apa saja? Cara cepat belajar Toefl di Kampung Inggris ada gak? Ada gak lembaga kursusan Toefl yang murah di sana? Dan pertanyaan-pertanyaan yang lain seputar Toefl.

Kursus Toefl Yang Bagus
Sebetulnya banyak lembaga yang melaksanakan pembelajaran Toefl di Kampung Inggris. Cuman disini hanya ada satu lembaga yang kami rekomendasikan yakni lembaga kursusan Global English. Di lembaga ini nanti akan belajar Toefl yang cukup komprehensif mulai dari kelas Vocabulary For Toefl, Listening For Toefl 1, Listening For Toefl 2, Grammar For Toefl 1, Grammar For Toefl 2, Reading For Toefl 1, Reading For Toefl 2, kelas khusus Toefl dan ada Official Toefl dengan gratis 2x simulasi sebelum tes.

Vocabulary For Toefl
Di kelas ini jam belajarnya dimulai pukul 08.30 – 10.00 WIB atau pembelajaran berlangsung selama 90 menit setiap harinya. Nanti akan banyak dikenalkan dengan kosakata-kosakata ilmiah yang biasa dipakai di ruang akademik, jadi akan terjamin perbendaharaan kosakata kita akan semakin bertambah.

Listening For Toefl
Waktu lamanya pembelajaran semuanya sama yakni 90 menit. Yang berbeda jam belajarnya, di kelas Listening For Toefl 1 jam belajarnya ada dua yaitu pukul 14.30 WIB dan pukul 16.00 WIB. Untuk kelas Listening For Toefl 2 cuma ada satu jam belajarnya yakni pukul 13.00 WIB.

Kelas ini disesuaikan dengan kebutuhan teman-teman yang akan menjalani Toefl dan benar-benar dilatih agar mempunyai kemampuan mendengarkan dengan baik dan benar di lingkungan akademik atau lingkungan bisnis.

Grammar For Toefl
Grammar For Toefl menjadi modal kita yang krusial di dunia akademik. Modal ini menjadi awal untuk menguasai struktur dan tatabahasa Bahasa Inggris sesuai kaidahnya agar mampu membaca buku babon dan menulis dengan laik.

Di Global English waktu pembelajaran Grammar For Toefl 1 ada dua. Pertama dimulai pukul 13.00 WIB dan yang kedua dimulai pukul 14.30 WIB. Untuk kelas Grammar For Toefl 2 dimulai pukul 16.00 WIB.

Reading For Toefl
Pembelajaran di kelas Reading For Toefl ini akan dilatih membaca dengan laik dan benar supaya mampu memahami buku-buku textbook yang diwajibkan dan buku-buku referensi yang lain.

Waktu pembelajaran Reading For Toefl 1 ada yang pukul 13.00 WIB dan pukul 14.30 WIB, sedangkan Reading For Toefl 2 waktunya pukul 10.30 WIB.

Kelas Khusus Toefl
Semua yang telah dipelajari di kelas vocabulary, listening, grammar dan kelas reading for Toefl akan dibedah lebih mendalam di kelas ini. Jadi pembahasannya tak akan terpisah-pisah lagi dan pastinya lebih rigid. Kemudian di kelasToefl ini masuk tiga kali dalam sehari yakni pukul 08.30, 10.00, dan pukul 14.30 WIB. Jadi lebih fokus dan lebih intens belajar Toeflnya.

Official Toefl
Selain kelas-kelas pembelajaran, Global English juga melaksanakan Official Toefl hampir setiap bulan dengan bonus 2x simulasi sebelum tes. Jadi bagi teman-teman yang sudah kelar mengambil program pembelajaran bisa langsung ikutan official ini. Enak kan?

Akhirnya . .

Segera putuskan. Jangan terlalu banyak mikir dan langsung ucapkan Bismillah . .

PENTINGNYA BELAJAR BAHASA INGGRIS

PENTINGNYA BELAJAR BAHASA INGGRIS

A. Sejarah perkembangan Bahasa Inggris ke dunia modern

Belahan dunia modern mana yang tidak disusupi Bahasa Inggris? Semakin kesini, Bahasa Inggris memegang peranan penting dalam interaksi sosial. Dan, pengaruhnya cukup mengakar ke semua lini kehidupan masyarakat industri. Bila dicermati sejarah berkembangnya bahasa ratu Elizabeth ini, kita akan terpukau dengan kegemilangannya dalam sejarah peradaban. Ia sih, bila dicermati satu sisi, Bahasa ini pernah menjadi Bahasa kolonial British Empire. Tapi kita sedang tidak berbicara tentang kolonialisme, tapi sedang berbicara tentang kemajuan Pendidikan, perindustrian dan teknologi, dunia modern.
1500 tahun yang lalu, bangsa Jerman barat, sekarang daerahnya adalah belanda dan Jerman, berimigrasi ke pulau Britania. Dan, Bahasa mereka mendominasi Bahasa dan dialek lainnya yang juga sedang berkembang. Bahasa Inggris pada masa ini masih kuno dan berdialeg Aglo-frisia. Sampai Abad ke-8 dan ke-9 bahasa Inggris sangat dipengaruhi oleh bangsa Scandinavia, kemudian masuk abad ke-11, bercampur dengan dialek suku Norman, bangsa ini bertutur seperti dialek orang prancis.
Percampuran itulah disebut Aglo-saxon. Dialek Bahasa Inggris yang populer dan dimulai pada masa ratu Elizabeth 1. Orang yang bertanggung jawab atas terkenalnya istilah Aglo-saxon ini adalah seorang sejarawan bernama Camden. Kutipan ini saya ambil dari Wikipedia yang mengutip perkataan Louis Fundis.
Masuk pada abad ke-15. Bahasa Inggris memiliki kemajuan dan berkembangnya dialek London, pergeseran dialek ini disebut the great vowel shift, masa dimana karya sastra dan buku-buku mulai banyak diterbitkan. Salah satu penulis terkenal abad ini adalan William Shakespear.
Banyaknya buku tercetak dalam Bahasa inggris membuat Bahasa ini sendiri memiliki peranan signifikan dalam kehidupan masyarakat britania. Dan keberhasilan bangsa Inggris dalam mengembangkan sistem Pendidikan, teknologi dan budayanya ikut dibukukan.

B. Dunia modern menuntut warga modernisnya cakap Bahasa Inggris.

Pembukuan segala kemajuan di Inggris ikut mempengaruhi dunia luar. Sekarang penggunaannya sudah skala Internasional hingga PBB sendiri mengesahkan bahasa ini menjadi bahasa pengantar setiap bangsa dan negara yang terhimpun dalam organisasinya wajib berbahasa Inggris.
Manfaat yang diterima oleh penuturnya luar biasa. Kini kita dapat membaca rangkuman yang ditulis oleh setiap Lembaga Pendidikan pun sebuah kursusan Bahasa inggris, tidak kurang dari 10 manfaatnya secara umum. Berikut diantaranya:

1. Menjadi Bahasa umum di setiap negara
Diluar negara commonwealth, negara persemakmuran, tetap saja akan kita temukan Bahasa Inggris digunakan. Bila kita bertandang pada pertandingan sepak bola dunia dulu ke Afrika selatan, Bahasa Inggris dipakai secara official di acara tersebut untuk menyambut para tamu. Di negara kita sendiri, Indonesia, dipelajari sebagai Foreign language, sebagai mata pelajaran wajib di sekolah. Begitupun dengan daerah lain, misal China yang sekarang muncul sebagai negara komunis kuat, bahkan warganya juga berbicara dua Bahasa yang dikenal Chinglish, Chinese-English.
Jadi, menguasai Bahasa Inggris sekarang akan membuat kita mudah terhubung dengan orang-orang di belahan dunia manapun. Pasti akan ada yang cakap bahasa Inggris. Hal ini akan mendukung perkembangan kita menjadi masyarakat Internasional.

2. Mendapatkan pekerjaan lebih banyak
Yang suka melamar kerja pasti tahu, Bahasa Inggris menjadi salah satu poin atau syarat diterima. Penguasaannya bahkan harus dibuktikan dengan sertifikat keluaran lembaga terpercaya. Contohnya sertifikat IELTS dari british council, IDP Australia dan Universtitas Cambridge atau TOEFL yang dikeluarkan oleh Lembaga resmi internasional, ITS.
Semakin kesini, perusahan yang meminta sertifikat IELTS atau TOEFL bukan cuma perusahaan asing, bahkan perusahaan nasional juga. Sudah wajib. Jadi bagi yang belum menguasai akan tersingkir sebelum melamar. Contohnya saja Pertamina, perusahaan tambang minyak dan gas bumi milik negara sudah lama mensyaratkan fasih bahasa Inggris kepada tiap pelamar.

3. Nyaman travelling kemana saja
Percaya atau tidak. Para backpackers pasti membekali dirinya Bahasa Inggris. Hal ini dilakukan untuk memudahkan diri mereka sendiri untuk berkenjung ke negara manapun. Setidaknya Ketika haus mereka bisa minta coca cola kepada warga setempat. Kalian yang belum coba travelling, coba deh persiapkan diri kalian. Setidaknya speaking for daily use aja. Nanti sesekali singgah ke Malaysia atau singapura, trus pakai Bahasa Inggris minta mimum, so pasti, the local akan merespon dengan baik. Karena mereka tahu.

4. Peluang mendapatkan beasiswa lebih banyak
Bukan Cuma LPDP yang mensyaratkan IELTS 6.5 ( minimal nilai Bahasa Inggris), tetapi terdapat segudang Lembaga penyedia beasiswa lainnya yang mensyaratkan bahasa Inggris pada aplikasi beasiswa. Sederet Lembaga yang bisa saya mention yaitu: Chevening, AAS, DAAD, Mangkubusho, dan Ajinamoto.
Setiap Lembaga diatas mensyaratkan Bahasa Inggris walau standar nilai berbeda. Kalau kalian tidak bisa menunjukkan sertifikat English Proficiency. Semua Lembaga tersebut akan menolak kalian sebagai pelamar sebelum masuk tahap wawancara (beberapa case diberikan waktu berjangka).

5. Mengembangkan bisnis lebih mudah
Siapa yang tidak tahu istilah start-up. Istilah populer belakangan ini. Ini merupakan istilah buat bisnis rintisan. Tahukah kalian, segala model bisnis yang dikembangkan anak muda sekarang mendapatkan perhatian dari industri besar. Contohnya Google. Perusahaan raksasa ini telah membantu ribuan pebisnis muda untuk mengembangkan usahanya.
Tapi, ya, tetap saja Bahasa Inggris digunakan untuk berkomunikasi. Walau tidak seintens komunikasi kita ke pemerintah sendiri. Nulis email sudah pakai Bahasa Inggris, kalau tidak, ya, tentu menggunakan perantara pihak ketiga. Ringkasnya begitu.
Bahasa Inggris juga membantu bisnismu ekspansi ke luar negeri. Contohnya melalui online shop, produk-produk yang diulas pakai Bahasa Inggris menjangkau peminatnya dimana saja.

6. Menikmati bacaan mewah
Buat yang sering membaca novel, pasti ingin menikmati sastra yang lebih bagus dari Bahasa Indonesia dan lebih terkenal di mata dunia. Harry poter sebagai contoh, novel fiksi karya J.K. Rowling ini berhasil mendapatkan penggemar dimanapun. Bila ingin membaca orisinalitas karyanya, tentu kalian harus bisa Bahasa Inggris karena Bahasa Inggris sendiri sudah sejak abad 15 terkenal dengan karya sastranya di dunia Internasional.

7. Melatih generasi super
Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak-anak akan melahirkan tokoh hebat pada masanya. Pertama, kenyataan ini diperkuat oleh keadaan global yang menuntut generasi bisa menyerap ilmu pengetahuan dari sumbernya. Kedua, semua industri juga meminta generasi tidak gaptek (gagap teknologi), dimana Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar.

BELAJAR SPEAKING DIMULAI DARI MANA?

MEMOIR of a ONCE SPEAKING BEGINNER:

“Belajar bahasa sama seperti belajar mengemudi, semakin dibawa semakin bisa. Terpenting tau kondisi jalanannya aja.”

Kalian khawatir tidak tau mulai dari mana? simak penjelasan berikut ini:

Ini ceritaku. Road to speaking for IELTS. Melalui tulisan ini aku ingin berbagi cerita ke kalian, pengalamanku belajar Bahasa inggris (speaking) dari nol sampai mempersiapkan diri mengambil Official Test for IELTS.

Cerita yang cukup menggelitik tapi ini serius aku alami. Perjalanan belajar speaking yang tidak bisa aku lupakan. Kalau kalian menemukan impossibility & unrelated, artinya ada perbedaan dari kita, ya, ditanggapi biasa aja, karena aku yakin kalian juga punya maksud sendiri belajar Bahasa Inggris.

Seperti yang aku jelaskan diatas, aku punya keinginan untuk mendapatkan approvement dari Lembaga Internasional terhadap kemampuan Bahasa Inggrisku. Jadi mulai dari sini aku memulai memetakan steps and goals.

Sampai tahun 2016, aku Cuma tau nilai test TOEFL aja sebagai bukti kemampuan Bahasa Inggris, selebihnya aku buta, tidak tahu ada test Bahasa Inggris lain yang lebih diterima oleh semua Lembaga Pendidikan di Indonesia dan luar negeri. Jadi aku hanya mempersiapkan diri untuk menjawab soal-soal yang akan ditanyakan pada saat tes TOEFL. Contohnya adalah test Listening, Reading dan Structure.

Kalian tahu, selama belajar TOEFL, aku hanya belajar trick-trick-nya saja. Hanya fokus pada mencari kemungkinan jawaban benernya yang mana, bukan mencari jawaban benernya yang mana. Alhasil, waktu yang aku gunakan malah terbuang sia-sia. Bukannya meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris malah belajar memutuskan dan memilih kamu, eeeits jawaban multiple choices maksudku: a,b,c, dan d dari hasil penentuan kemungkinan benar tadi, hahaha. Tapi belajar TOEFL-nya aku hanya dirumah saja, tidak ikut kursusan.

Nah, dulu aku pernah mendapatkan kesempatan ke kampung Inggris diakhir tahun 2016, disini, mata terbuka lebar, niatanku mau improve TOEFL pudar, seperti hatiku yang berantakan setelah mengetahui TOEFL bukan apa-apanya lagi saat ini. Test ini hanya menjadi no 2 setelah IETLS datang, dan menyerang negara Api. Hahaha.

Padahal aku bangga banget datang ke kampung Inggris bawa hasil test TOEFL 450. Nyampe kesini dibantai perasaan sendiri melihat orang lain

Oke kataku dalam hati. Jadi aku belajar IELTS sekarang. Begitu tiba di kosan Pare, koper, dan barang lainnya segera kutinggalkan dikamar, aku menuju lokasi pendaftaran IELTS di Global English.

Keesokan harinya test. Aku pikir test-nya sama seperti TOEFL, eh ternyata bukan, ada speakingnya   HAHA.

Mati, ngomong apa aku nanti. Mulai deh aku gemetaran dan berkeringat dingin. Tiba di lokasi test, dalam sebuah ruangan ber-AC, tutor cantik dan rapi udah menunggu aku tiba. Langsung ditanya “What`s your name, Dude?” Oke lah aku paham, langsung aku jawab pakai nama lengkap. Terus dia nanya lagi, “How can I address you?”, karena ada address, aku kira ini alamat, eh, KAMPRET, ternyata dia nanya nama panggilanku apa. Kesel akan.

Keesokan harinya hasil placement test-ku keluar dan aku ditaruh di kelas pre-speaking. Salah apa bunda mengandung, hingga aku sebodoh ini. Aku kira nilai TOEFL 450 udah hebat. Tiba di pare aku dibantai tanpa perlawanan hanya dengan sebuah pertanyaan.

Jadi aku tidak mau berlarut dalam kesedihan dan keterpurukan lebih dalam, sakit banget. Karena aku ambil program IELTS, semua barang kupindahkan ke IELTS SUPER CAMP dan disana aku mendapat seorang tutor pendamping. Dia yang mengarahkan aku belajar Bahasa Inggris dari NOL.

Dua periode awal belajar, harusnya aku mendapat 12 pertemuan, tapi, ini bukan masalah rajin masuk kelas maka dia yang dapat nilai tinggi, tidak, melainkan self-improvement. Tutor aku menyarankan aku masuk 3 kelas saja setiap periode dan tinggal di camp untuk self-study. Disinilah pentingnya aku menjelaskan hal dasar bagaimana belajar speaking. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Menentukan tujuan

Kembali ke hal sebelumnya, aku mau meng-up skill speaking for IELTS, maka motivasiku sudah jelas. Kalian silahkan tulis mimpi sendiri dengan begitu kalian akan fokus pada pencapaian sendiri. Tujuan ini akan membantu kalian fokus pada topik yang ingin dibicarakan, karena kita pemula sekali yang zero knowledge, no what to know, & no idea at all. Ini akan menjaga kita sendiri pada ranah yang ingin dicapai.

Misalkan nih, kalian ingin lancar speaking buat bisa pacarin bulek, ya kan? Atau ingin bisa menunjukkan kebolehan speaking kalian di depan calon mertua kali, silahkan. Terpenting kalian punya tujuan deh. Supaya lebih mudah mencari  Bahasa yang relevan dengan topik itu.

  1. Adding Vocabulary

Setelah kalian nge-set apa tujuan, maka saatnya enriching Vocabulary. Nambah kosa-kata. Bullshit dah kalau ada yang bilang, bisa ngomong lancar selama seminggu, tapi vocabulary-nya tidak ditambah, ditambah pada topik tertentu, topik yang ingin dibicarakan maksudnya.

Jelas kan? Aku tuh begini, untuk speaking for IELTS, ada part 1, isinya adalah topik identity atau who you are and what`re you doing.  Jadi kosa-kata yang aku hafal dan cari adalah kosakata tentang keluarga, kampus, dan hobi. Tidak perlu tahu segalanya dulu, hanya untuk menjawab pertanyaan itu saja kok. Jadi kalian juga demikian, biar fokus.

Kalau sudah fokus maka nanti flexibility saat ngomong akan tercapai dengan sendirinya, Intinya Vocabulary, yah!

  1. Pilih referensi kosakata dari mana saja

Masih pada manajemen vocabulary. Untuk lokasi informasi tentang topik dan kosakata yang ingin kalian dapatkan, jangan hanya bermodalkan satu aja, ini tidak membantu sama sekali, karena akan ada banyak pertanyaan sejenis tapi berbeda kosakata yang digunakan, nanti kalian mengalami  serupa denganku, merasa goblok pada saatnya. Untuk mencari synonym aku nyaranin kalian untuk sering buka kamus Merriam Webster, karena disini ada update-an informasi kosakata baru selalu.

Kosakata bisa didapatkan dari reading maupun listening. Pokoknya cari setiap hari dan temukan kosakata baru.

  1. Jangan hafal per kata tapi per kalimat

Ini penting. Kebiasaan orang belajar Bahasa pada umumnya adalah menghafal per kosakata. Ini menyulitkan, kenapa? Karena tidak mudah bagi kita pemula untuk menggunakannya dalam praktek speaking. Percaya deh. Aku mengalaminya.

Kalau dihafal per kalimat, kita akan langsung bisa gunakan tanpa membuka kamus Kembali untuk melihat contoh penggunaan. Udah begitu saja.

  1. Upgrade caramu say hello

Biasakan diri untuk menambah jumlah kalimat sapaan setiap hari. Gunanya untuk meningkatkan flexibility saat ngomong. Bukan Cuma say “good morning”, “good afternoon”, “good night” tapi cobalah sesekali nambah kalimat sapaan seperti what`s up, Bro? atau how’re you doing? Dan ada sederet kalimat sapaan serupa bila kalian googling.

  1. Cari partner berbeda setiap hari

Penting banget. Kamu kalau mau lancar dan mumpuni dalam percakapan biasa, maka carilah teman ngobrol sebanyak mungkin. Jangan sama roommate setiap hari, introvert banget, kesel aku jadinya kan. Bahasamu tergantung teman-teman, kalau temannya itu-itu aja, mana mungkin cepat berkembang, orang ngobrolnya itu-itu aja. Jadi, ya, tambah partner ngomong.

  1. Tiru bulek

Biar kamu tidak medok, sering-sering buka youtube, liat tuh TED TALK atau cari aja PRIME MINISTER, ketemu deh Borris Johnson, Perdana Menteri Inggris lagi kuliah-in parlemen yang suka bikin program sendiri. Nanti setelah nonton, ambil beberapa kalimat dari speakers, lalu di-tiru, di-ulang dan dibuat semirip mereka ngomong.

  1. Be persistent

Oy, kalau udah lakuin hal-hal diatas. Percayalah kamu udah selangkah menuju kesuksesan, hasil udah dihadapanmu, sayang. Biarkan mereka yang sering praktek pakai kosa-kata itu-itu aja. kamu fokus pada pengembangan vocabulary-mu dan tetaplah pada pendirian. Lakuin hal diatas, maka Road to better speaking bukanlah mimpi buat kita pemula.

Oke. Aku rasa udah cukup. balik ke peribaratan kita diawal. belajar bahasa ibarat bawa mobil, cukup tau kondisi jalanannya aja, jalanan disini maknanya sama dengan topik bahasan. Kan ga mungkin bawa mobil lurus-lurus aja, pasti ada beloknya karena tikungan, pasti kita harus menyesuaikan setir biar belokannya lembut, begitu belajar bahasa, lebih aware pada topiknya, biar pada kosakatanya sesuai keadaan. Semangat buat kalian, silahkan dipraktikkan.

 

Tips dan Trik TOEFL ITP

Ujian TOEFL diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) yang bertempat di Amerika Serikat, sebagai salah satu persyaratan studi lanjut di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia. Selain sebagai syarat studi lanjut, hasil tes juga dapat digunakan sebagai syarat kelulusan program Strata 1 (S1), syarat masuk untuk program Pasca Sarjana di universitas-universitas di Indonesia dan beberapa universitas di luar negeri, syarat dan prasyarat untuk aplikasi beasiswa dalam dan luar negeri, serta sebagai syarat melamar pekerjaan. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. ETS adalah satu-satunya pemegang lisensi tes TOEFL di Indonesia.

Ada 3 section dalam PBT :

  1. Listening Comprehension (50 soal)
  2. Structure & Written Expression (40 soal)
  3. Vocabulary and Reading Comprehension. (50 soal)

 

  Struktur Soal dalam TOEFL ITP

Section Number of

Question

Administration

Time

Score Scale
Listening Comprehension 50 35-40 minutes 31-68
Structure and Written Expression 40 25 minutes 31-68
Reading Comprehension 50 55 minutes 31-67
TOTAL 140 115 minutes 310-677

 

Berdasarkan banyak pengalaman dari TOEFL official takers, sebelum mengambil tes diperlukan persiapan baik dalam hal keilmuan maupun dalam segi waktu. Persiapan dalam segi materi diawali dengan melihat kemampuan pribadi kita terkait TOEFL, bisa dilihat dari hasil tes terakhir waktu di kampus (di beberapa perguruan tinggi dipersyaratkan nilai TOEFL institusi sebagai syarat sidang atau yudisium), hasil tes TOEFL institusi atau ikut simulasi tes bisa jadi tolok ukur awal kemampuan. Apabila nilainya masih jauh dari target, bisa belajar mandiri atau mengambil les di beberapa bimbel.

Persiapan dalam segi waktu diperlukan agar hasil skor yang diinginkan dapat didapatkan sesuai dengan tenggat waktu pendaftaran beasiswa atau pendaftaran kerja. Semisal, jika teman-teman menargetkan mengambil official test bulan Agustus maka persiapannya harus dimulai minimal 4 bulan dari pelaksanaan tes (awal bulan Mei) bisa dengan ikut minimal satu bulan di bimbel/kursusan bahasa inggris, setelah itu bulan-bulan selanjutnya bisa digunakan sebagai waktu review belajar mandiri baik dari materi les yang sudah diberikan maupun dari buku-buku tentang TOEFL ITP. Pembagian waktu ini dapat fleksibel disesuaikan dengan kondisi anda masing-masing.

Perlu diperhatikan waktu mendaftar TOEFL ITP dengan deadline pemasukan berkas administrasi Beasiswa ataupun pendaftaran kerja. Kalau bisa, mengambil official test beberapa bulan sebelum tenggat beasiswa minimal satu bulan sebelum pendaftaran, hal ini digunakan untuk jaga-jaga apabila nilai TOEFL belum memenuhi syarat standard skor yang diharapkan sehingga bisa mengambil tes lagi untuk memperbaikinya.

Lokasi dan waktu untuk test TOEFL ITP dapat dicek di website lembaga penyelenggara TOEFL official resmi dari ETS. Kemudian untuk pembayaran dan lain-lain disesuaikan dengan kebijakan di masing-masing institusi penyedia, hal ini dapat ditanyakan ke institusi tersebut.

Apabila teman-teman ingin belajar mandiri TOEFL ITP, dapat dimulai dengan belajar dari buku-buku tentang TOEFL ITP. Yang sangat mudah kalian dapatkan di toko buku terdekat. Biasanya dalam buku tersebut sudah ada materi sama paket soal untuk latihan maupun latihan official test dengan audio. Dalam buku tersebut materi sudah tersusun secara sistematis berdasarkan jenis-jenis soal TOEFL yang biasanya muncul di official test. Kalau menurut saya pribadi, untuk grammar dan structure apabila sudah punya basic yang lumayan dan pengen belajar mandiripun tidak akan menjadi masalah.

Untuk reading, di buku referensi juga sudah ada beberapa tips dan triknya. Kemudian perlu ditambah dengan latihan membaca bacaan berbahasa inggris. Bacaan berbahasa inggris tersebar bayak di internet, versi mudahnya saya dulu membaca di media massa online. Kalau saya dulu sering melihat seperti di media The Huffington Post, The Jakarta post dan The Guardian.

Media yang lain bisa seperti novel, cerpen maupun media lain berbahasa inggris yang disesuaikan dengan minat anda. Apabila menemukan kosa kata yang susah dimengerti, dicatat dalam buku catatan dan dicari dalam kamus artinya.

Kemudian untuk listening, sebenarnya hal ini merupakan masalah pembiasaan. Terkadang ada beberapa yang menganggap listening susah karena tidak terdeteksi speaker berbicara apa. Sehingga diperlukan langkah pembiasaan terlebih dulu. Langkah pembiasaannya dapat dilakukan dengan mudah, seperti mendengarkan suara film english tanpa ditayangkan subtitlenya, maupun dengan mendowload podcast yang ada di internet. Podcast yang sangat recommended untuk belajar TOEFL banyak sekali tersedia di internet seperti biasa mendengarkan AJ Hoge dan Voice of America Learning English.

Mungkin terkadang ada beberapa yang menyatakan mengerjakan TOEFL tanpa belajar dengan menggunakan insting. Sebenarnya insting dalam mengerjakan soal TOEFL ini adalah sesuatu yang bisa dilatih dan dibangun. Dalam artian, jawaban yang paling sesuai dengan insting dan kemudian betul adalah sebuah bentuk alam bawah sadar yang sudah terbentuk melalui proses yang telah dibangun sebelumnya. Semisal sering membaca media berbahasa inggris, dengan membaca media tersebut secara tidak langsung bentuk susunan kalimat terekam dalam memori otak kita, sehingga apabila muncul struktur yang sama, memori tersebut akan muncul kembali dan kita tergerak untuk menjawab dengan insting tersebut.

Ilmu tentu tidak dapat masuk ke dalam diri kita tanpa adanya sebuah proses sebelumnya, sehingga diperlukan persiapan yang matang, kemauan yang kuat, dan kerja keras untuk mendapatkannya. Usaha menyempatkan waktu untuk belajar satu-dua bulan tentu akan terasa ringan jika enjoy menjalaninya, jadi jangan lupa untuk menikmati setiap proses pembelajaran yang ditempuh agar dapat terjalani dengan lebih maksimal.

 

Menghitung skor TOEFL ITP/PBT

Tahukah kamu bahwa menghitung skor TOEFL itu tidak hanya sekadar asal tambah aja tapi kamu butuh step-step khusus supaya bisa menghitung konversi skor nya dengan akurat.

  1. Hitung jawaban benar kamu di masing-masing section
  2. Lihat konversi nilai jumlah jawaban benar kamu di tabel konversi skor TOEFL
  3. Nilai hasil konversi dijumlahkan
  4. Kemudian dikalikan sepuluh (10)
  5. Dan terakhir dibagi tiga (3)

Berikut ini contoh penghitungan skor TOEFL

Jumlah benar tiap section nilai hasil konversi sesuai Tabel
Listening = 32 52
Structure = 28 52
Reading = 30 48
Jumlahkan hasil konversi (x10) 152 (x10)
Dibagi 3 1520/3
Hasil skor TOEFL anda 506

 

Klasifikasi Skor TOEFL ITP PBT

Berikut merupakan pengklasifikasian jumlah skor TOEFL ITP/PBT

310-420 = tingkat dasar (elementary)

420-480 = tingkat menengah bawah (low intermediate)

480-520 = tingkat menengah atas (high intermediate)

525-677 = tingkat mahir (advance)

 

 

Tabel Konversi Nilai TOEFL ITP/PBT

Jawaban benar Listening Structure Reading
50 68 67
49 67 66
48 66 65
47 65 63
46 63 61
45 62 60
44 61 59
43 60 58
42 59 57
41 58 56
40 57 68 55
39 57 67 54
38 56 65 54
37 55 63 53
36 54 61 52
35 54 60 52
34 53 58 51
33 52 57 50
32 52 56 49
31 51 55 48
30 51 54 48
29 50 53 47
28 49 52 46
27 49 51 46
26 48 50 45
25 48 49 44
24 47 48 43
23 47 47 43
22 46 46 42
21 45 45 41
20 45 44 40
19 44 43 39
18 43 42 38
17 42 41 30
16 41 40 36
15 41 40 35
14 38 38 34
13 37 37 32
12 37 36 31
11 35 35 30
10 33 33 29
9 32 31 28
8 32 29 28
7 31 27 27
6 30 26 26
5 29 25 25
4 28 23 24
3 27 22 23
2 26 21 23
1 25 20 22
0 24 20 21

 

Selamat berjuang, ganbatte, semoga sukses dan ditunggu kabarnya sebagai Awardee Beasiswa atau mendapatkan skor TOEFL sesuai target.